Kamis, 05 Mei 2016

Google Hummingbird dan Peran Backlink Yang Mengedepankan Kualitas Konten

Bagaimana  Peran Backlink di era Google Hummingbird yang Mengedepankan Kualitas Konten atau Onpage SEO?

Saya rasa masih banyak para blogger yang belum tau atau bahkan baru tau (seperti saya sendiri) mengenai update algoritma yang dilakukan google pada akhir tahun ini yaitu google hummingbird, berikut akan saya jelaskan sekilas mengenai algoritma baru ini serta hal penting didalamnya yang meliputi pertanyaan besar mengenai peran backlink dalam optimasi blog.

Seperti yang kita tau backlink merupakan hal yang sangat penting bagi para blogger selama ini, bahkan 2-3 tahun yang lalu backlink merupakan cara yang super ampuh untuk mendongkrak popularitas sebuah blog atau postingan, tetapi semakin bertambahnya waktu google semakin pintar menanggapi semua itu terutama dengan melakukan update terhadap algoritma pencariannya yang katanya lebih mengedapankan hasil pencarian yang relevan dan dengan isi konten yang berkualitas, hal ini jelas telah merubah sebagian besar hasil pencarian sehingga para banyak artikel yang awalnya menguasai halaman awal google didepak jauh karena konten yang dinilai kurang berkualitas dan menurut informasi yang saya dapat google hummingbird ini merubah lebih dari 10% hasil pencarian di asia dan di blog berbahasa inggris.

Apa itu algoritma dalam search engine?

Menurut saya sendiri Algoritma dalam pencarian merupakan kumpulan perintah untuk menampilkan sebuah hasil pencarian yang dilakukan. Jadi dari hal inilah kita dapat menyimpulkan bahwa algoritma terbaru google atau hummingbird ini merupakan algoritma yang pastinya akan memberikan hasil pencarian yang sangat baik dalam artian relevan dan berkualitas dalam pencarian google.

Apa maksud dari update algoritma ini dan bagaimana dengan pendahulunya?

Update ini merupakan sebuah pemutakhiran terhadap mesin pencari terbaik dunia ini, jadi dengan adanya google hummingbird bukan berarti pendahulunya seperti google panda, penguin dll tidak berguna lagi, updatealgoritma  yang dilakukan bertujuan untuk menyempurnakan dan saling melengkapi sehingga menghasilkan produk terbaik google

Bagaimana Hummingbird ini bekerja?

Saya akan menjelaskan ini juga menurut pengetahuan dan pemikiran saya karena google sendiri tidak memberi pernyataan khusus mengenai sistem kerja algoritma hummingbird ini, google hanya memberi pernyataan umum bahwa algoritma ini akan mengedepankan setiap kata dalam query dan memastikan setiap kalimat di perhitungkan secara teliti, yang menurut saya hal ini bertujuan agar hasil dari pencarian akan lebih akurat dan sesuai.

Bagaimana dengan teknik SEO klasik?

Dengan melakukan update algoritma ini jelas akan mempengaruhi hasil pencarian dan dengan berubahnya hasil pencarian jelas akan mempengaruhi peringkkat dan posisi sebuah blog atau artikel dalam mesin pencari, yang menjadi pertanyaan sebagian blogger newbie adalah bagaiman nasib blog mereka apa akan kehilangan traffic dan apakah posisi akan merosot, jelas hal ini akan terjadi terutama jika kita tidak mengikuti hal yang benar dalam mebangun popularitas blog kita tersebut, sebagai contoh dalam algoritma panda saja sudah banyak blog yang masuk dalam sandbox. Apa penyebab sandbox? Akan saya ulas dipostingan selanjutnya.

Bagaimana peran dan pengaruh backlin?

Pertanyaan ini masih berhubungan dengan pertanyaan diatas karena seperti yang kita tau selama ini backlink merupakan hal yang sangat berguna dalam meningkatkan posisi artikel dalam pencarian, tetapi seperti yang telah saya jelaskan bahwa google semakin pintar dalam menampilkan hasil pencarian yang dilakukan, jadi jelas peran backlink akan sangat berkurang jika dalam membangun popularitas tersebut artikel kita memiliki konten yang kurang berkualitas, judul yang tidak sesuai, dan masih banyak faktor lainnya yang berkaitan dengan membangun konten dan artikel yang baik, tetapi semua itu tidak berarti kita tidak perlu mendapatkan backlink lagi, saya sendiri jelas mengatakan backlink masih sangat penting tetapi hanya backlink yang berkualitas dan sesuai/ relevan dengan blog atau artikel kita.

Cara mendapatkan backlink yang dibenci oleh google:

Cara yang dibenci oleh google hummingbird ini adalah mencari backlink dengan teknik blackhat dan tidak natural seperti

1.       Melakukan komentar spam di komentar blog terutama blog yang tidak relevan dan tidak mempunyai page rank.

2.       Menggunakan backlink generator jelas akan membuat anda masuk dalam sandbox karena google semakin pintar mendeteksi backlink yang tidak natural ini.

3.       Memperoleh banyak backlink dengan social bookmarking dalam waktu yang cepat dan tidak masuk akal.

4.       Backlink dari dummy blog yang berisi konten yang tidak relevan dan merupakan hasil copas ataupun spin artikel.

Cara mendapatkan backlink yang baik dalam algoritma hummingbird ini:

1.       Menjadi seorang guest blog di blog yang memiliki page rank tinggi.

2.       Berkomentar hanya di blog atau web yang memiliki page rank tinggi dan harus relevan dengan topik blog anda.

3.       Memanfaatkan social network dan dalam hal ini jelas google+ yang utama karena dengan membangun popularitas di social network seperti google plus, facebook dan twitter akan sangat disenangi oleh google karena sebagai pertanda baiknya blog anda dimata banyak orang.

Sebenarnya masih banyak pengaruh backlink dan cara mendapatkan backlinkyang baik yang dapat mempengaruhi dalam hasil pencarian ini, tetapi yang penting kita mengerti mengenai sistem kerja algoritma ini yang jelas membenci hal berbau spam dan hal yang tidak berkualitas. 

Pengaruh atau peran konten dan optimasi on page.

Dalam hal membangun optimasi on page atau seo on page pun masih banyak hal yang perlu kita perhatikan, karena kita tahu seperti penjelasan sebelumnya bahwa algoritma google mengedepankan hasil yang relevan dan berkualitas, jadi kualitas konten kita akan sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian ini, selama ini banyak teknik lama juga yang dianggap manjur, tetapi dengan algoritma hummingbird terbaru ini hal itu tidak akan terlau berarti lagi seperti dengan mengulang kata kunci, memberikan deskripsi dengan penumpukan kata kunci dan sebagainya.

Contoh pengulangan kata kunci dalam artikel: 
baca: "cara membuat konten artikel berkualitas"

Jadi apa yang harus kita lakukan jika semua teknik itu tidak disukai hummingbird ini, seperti konsep yang telah kita ketahui bahwa algoritma google yaitu hummingbird ini menginginkan artikel yang berkualitas maka dari itu berusahalah membuat artikel yang berkualitas dan memberi judul yang sesuai dan berusaha agar setiap isi artikel anda itu membuat pembaca mendapatkan apa yang dicarinya dan mendapatkan setiap jawaban dari pertanyaanya, untuk teknik dan cara yang benar dalam membangun dan membuat konten yang baik sndiri saya akan mengusahakan untuk membuat artikelnya segera jadi silahkan menunggu updatenya yang akan saya buat khusus berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya.

Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. How to make money using virtual reality for free - Work
    The virtual หาเงินออนไลน์ reality game industry is rapidly approaching its peak as people use virtual reality (VR) games to experience professional sports. You will

    BalasHapus