Sabtu, 09 April 2016

Jenis-Jenis PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) RISTEKDIKTI


Jenis-Jenis PKM:

  (PKM-M)    :    PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 
  (PKM-P)     :    PKM Penelitian 
  (PKM-K)    :    PKM Kewirausahaan
  (PKM-T)     :    PKM Teknologi 
  (PKM-KC) :    PKM Karsa Cipta 
  (PKM-GT)  :    PKM Gagasan Tertulis 
  (PKM-AI)   :    PKM Artikel Ilmiah 

Berikut penjelasan selengkapnya :
PKM-M
Inti kegiatan PKM-M adalah program kreativitas mahasiswa yang fokus untuk membantu masyarakat. Program yang diajukan yakni berupa program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan linkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, dsb. Contoh judulnya yakni “Pemberdayaan Anak Jalanan Di Kota Semarang Melalui Industri Online Kreatif Lampion Benang”.

PKM-P
Inti kegiatan PKM-P adalah program kreativitas mahasiswa berupa penelitian. Penelitian bisa berlatar belakang sains atau sosial. Contoh judulnya yakni “Pengembangan Desain Turbin Angin Jellyfish Berbasis Sayap Burung Hantu”.

PKM-K
Inti kegiatan PKM-K adalah program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan produk komersial. Contoh judulnya yakni “Sountik Wangi: Souvenir Cantik Wangi Kayu Manis, Pengharum Ruangan Dan Mobil Sehat Alami”

PKM-T
Inti kegiatan PKM-T adalah program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan teknologi. Teknologi yang diciptakan ini berguna bagi suatu mitra atau institusi tertentu. Contoh judulnya yakni “Bima “Biogas Mandiri” Hasil Pengolahan Limbah Cair Tahu Dengan Digester Anaerob Tipe Fixe Dome Untuk Terciptanya Energi Pedesaan Di Dukuh Pesalakan, Adiwerna, Tegal.”

PKM-KC
Inti kegiatan PKM-KC adalah program kegiatan mahasiswa yang menciptakan penciptaan yang didasari karsa dan nalar mahasiswa. Program ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu sitem, desain, model/barang atau prototype dan sejenisnya. Karya cipta mungkin belum memberikan nilai manfaat langsung bagi pihak lain. Contoh judulnya yakni “Flight Math (Game Pembelajaran Matematika Dasar Pada Perangkat Mobile Berbasis Android)”

PKM-GT
Inti kegiatan PKM-GT adalah program kegiatan mahasiswa yang membantu permasalahan bangsa berupa gagasan tertulis. Kalau kelima program sebelumnya direalisasikan dengan alokasi dana dan waktu tertentu dan jelas, kalau program ini masih berupa gagasan atau usulan. Contoh judulnya yakni “Langkah Strategis dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat”

PKM-AI
PKM AI adalah artikel ilmiah yang bersumber dari kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian, atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri.

1 komentar:

  1. DOMINOQQ merupakan salah satu permainan taruhan yang cukup ternama di kalangan penggermar kartu.

    Kartu domino yang diperlukan di dalam permainan ini memiliki sila yang berbeda-beda

    Berikut jenis kartu jackpot DOMINOQQ :
    ✔ Jackpot Enam Dewa
    ✔ Jackpot Balak atau kembar
    ✔ Jackpot Murni Besar
    ✔ Jackpot Murni Kecil

    Claim bonus NEW MEMBER sebesar 10% langsung yang diberikan oleh pihak BOLAVITA !!

    Dengan mengajak teman bermain di BOLAVITA Anda juga akan mendapatkan bonus refferal yang cukup besar dan menguntungkan , sebesar 10%.

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Tunggu apalagi, yuk gabung sekarang dan jadilah pemenang terbesar dan terhoki di BOLAVITA !!

    Hubungi kami via :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    #bolavita #domino #dominoqq #poker #pokeronline #dingdong #bettingonline #judionline #pokerindonesia #pokeronlineterbaik #judionlineterbaik #bandarjuditerbaik #bandarpokeronline


    BalasHapus