Kamis, 21 April 2016

Memperingati Hari Kartini - 21 April 2016 (Part I)

Bismillah..
Halo shalihah.. semoga kalian selalu dalam keadaan baik.. Aamiin
Bertepatan Hari Kartini, kami mengisinya dengan liqo' lhoo.. liqo' itu melingkar lalu belajar bersama, bisa belajar agama dan ilmu lainnya shalihah..
Dalam liqo' memiliki susunan acara juga loh, kek acara gedhe ya? Yups, di liqo' ini kalian belajar jadi mc, jadi pemateri, dan jadi audience.. kalian bisa belajar itu semua, mempraktikannya tentunya..

Liqo kali ini membaca sirah (sejarah nabi) tentang "Dakwah Secara Terang-Terangan" yuk kita simak liqo' malem ini (hehe, kami liqo ba'da magrib sampai jam 9 malem di masjid kampus Polines ^^)

Ehm, baca surah Asy-Syu'ura:214 yaa :)
Dalam dakwah diutamakan 1.) menyeru kerabat-kerabat dekat.

Langkah pertama yang Rasulullah lakukan, mengundang bani hasyim yg jumlahnya ada 45 org untuk menjelaskan bahwa saya (Muhammad) utusan Allah.. Namun, sebelum beliau mengutarakan hal tersebut, sang paman Abu lahab menyerobot berbicara sebelum Rasul, bahwa beliau (Muhammad) jangan berlaku kekanak kanakan mengumpulkan paman-paman hanya untuk omong kosong. Walhasil Nabi tidak jadi mengutarakan maksutnya..

Beliau tetap berusaha menyampaikan dakwah.. Beliau mengundang bani hasyim *lagi* dilain waktu lalu berpidato/berceramah. Mengatakan bahwa aku utusan Allah secara umum dan utusan untuk manusia secara khusus. Beliau juga mengatakan bahwa manusia akan mati seperti tertidur dan akan ada surga menanti manusia setelqh manusia mati..

Mendengar hal tersebut, Abu Thalib meyakini dirinya sendiri untuk melindungi nabi sampai nabi meninggal walaupun dia tidak meninggalkan agama terdahulu.. dan yang dilakukan Abu Thalib diejek oleh Abu Lahab, dia berkata Abu Thalib sudah salah memutuskan.. Abu Thalib tetap teguh pada pendiriannya..

Nah, apa yang bisa kita ambil pelajaran?

1. Berusaha mengajak keluarga melakukan hal baik yang dianjurkan dalam Al-Qur'an dan hadits.
Walaupun mengajak keluarga tidak selalu mulus, tapi kita wajib berusaha selalu mengingatkan, minimal itu.

2. Tetaplah teguh pada pendirian.
Hiraukan apapun yang membuatmu ragu akan pendirianmu, perbanyaklah berdoa kepada Allah agar Allah menjagamu dalam keistiqomahan hal-hal yang baik.

3. Percaya bahwa Allah selalu memberikan kemudahan bagi siapa saja yang berniat berbuat kebaikan.

Semoga kita semua selalu menjadi insan pembelajar nan berpegang teguh pada agama Allah, Islam.. Aamiin
Semoga bermanfaat.. boleh silahkan share dan komen untuk menambah atau mengoreksi apabila tulisan ada yang salah.. menerima kritik dan saran :)

0 komentar:

Posting Komentar